Pemkab Wajo Uji Coba KTP Digital, Bisa Diunduh di Playstore

Wajo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel) mulai menguji coba penerapan Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital atau Identitas Kependudukan Digital (IKD). Masyarakat sudah bisa melakukan pengurusan lewat aplikasi yang diunduh di Playstore menggunakan ponsel pintar atau smartphone.
“Sudah diberlakukan KTP Digital di Wajo. Cuman belumpi di-launching, tetapi masyarakat sudah bisa melakukan pengurusan,” kata Kepala Disdukcapil Wajo Gaffar kepada detikSulsel, Rabu (7/12/2022).

“Jadi kepada masyarakat yang ingin mendapatkan IKD sudah dapat mengunduh di Playstore dan datang ke Disdukcapil. Bisa juga ke kantor kecamatan untuk aktivasi registrasi aplikasi tersebut dengan scan barcode melalui aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Terpusat,” sambungnya.

Gaffar mengatakan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam hal ini Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil menjalankan IKD di beberapa kabupaten/kota di Indonesia sebagai percontohan. Khusus di Sulsel dilaksanakan di Kabupaten Wajo dan Kota Makassar.

“Untuk launching secara resmi, kita menunggu jadwal dari Bapak Bupati (Amran Mahmud). Yang paling penting adalah bahwa tujuannya untuk mempermudah masyarakat mendapatkan layanan,” sebutnya.

Gaffar menambahkan, selain mempermudah dan mempercepat pelayanan publik, peralihan ini juga dapat mengefisienkan anggaran negara. Sebab, tidak perlu lagi pengadaan blangko KTP elektronik atau KTP-el.

Sementara Bupati Wajo Amran Mahmud menuturkan, terpilihnya Wajo sebagai percontohan tak lepas dari kinerja Disdukcapil Wajo melakukan perekaman KTP elektronik atau KTP-el. Dari 514 kabupaten kota di Indonesia, Wajo masuk 30 besar mencapai perekaman 100 persen dengan wajib perekaman per 31 Desember 2021 lalu.

“Kita patut bersyukur dan akan mendukung program pemerintah pusat dalam menerapkan Identitas Kependudukan Digital. Inovasi ini tentu akan mempermudah pelayanan, khususnya pelayanan administrasi kependudukan,” ucapnya.

Amran menjelaskan, Wajo juga terpilih sebagai penerapan aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Terpusat yang sinkron dengan aplikasi IKD. Di dalamnya memuat KTP digital, kartu keluarga (KK) digital, dan juga tersinkron dengan dokumen lainnya, seperti Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), kartu vaksin, nomor kendaraan, dan sejumlah dokumen pribadi lainnya.

“Identitas digital ini lebih memudahkan masyarakat. Semua sudah ada di android,” bebernya.

(ata/sar)

Baca artikel detiksulsel, “Pemkab Wajo Uji Coba KTP Digital, Bisa Diunduh di Playstore” selengkapnya https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6448948/pemkab-wajo-uji-coba-ktp-digital-bisa-diunduh-di-playstore.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Leave A Comment